Jumat, 17 Juni 2011

TIPS TAWAR MENAWAR SAAT BERBELANJA


Berbelanja dengan cara tawar-menawar memang menyenangkan. Mau jadi si ahli nawar? Let’s check this out!
1. Cek harga pasar. Tanyalah teman yang sudah pernah membeli barang itu “Berapa harga barang itu sebelum dan sesudah ditawar?” Untuk lebih meyakinkan, cek harga ke beberapa toko dan cobalah menawar, dengan begini kamu akan mengetahui berapa harga terendah yang diberikan penjual setelah ditawar.

2. Setelah memasuki beberapa toko, pilihlah satu toko yang jenis barangnya paling variatif dan penjualnya paling ramah.

3. Sebelum menawar, lihatlah dulu kualitas barang tersebut dan jadikan informasi harga barang dari temanmu sebagai pedoman untuk menawar. Misalnya suatu barang ditawarkan seharga Rp 60.000,- temanmu membelinya Rp.25,000-Setelah-menawar. Kamu harus melakukan trik di sini, jika barang tersebut ditawarkan dengan harga yang sama yaitu Rp 60.000,- tawarlah 1/3 dari harganya, yaitu Rp. 20.000, mungkin sipenjual akan meminta Rp. 30.000, cobala untuk menaikkan harga sedikit menjadi Rp. 22.000, jika sipenjual tetp tidak mau menurunkan harga, adakan negosisasi dan usahakan harga tersebut tidak lebih dari Rp. 25.000.

4. Jangan memberikan kesan sedang bercanda atau cuma sekedar tanya-tanya saat sedang menawar, hal itu akan membuat si penjual meremehkan harga tawaran kamu. Berikanlah kesan serius dan pasti ketika menyebut harga tawaran.

5. Bersikaplah akrab dengan si penjual supaya bisa mendapat harga spesial.

6. Jika si penjual tidak sepakat dengan harga tawaran kamu, bersikaplah biasa saja, jangan tunjukkan kalau kamu sangat menginginkan barang itu. Lebih baik tinggal pergi saja sambil pura-pura lihat barang di toko sebelah, kemungkinan besar si penjual akan mernanggil kamu dan setuju dengan harga tawaranmu.

7. Tetaplah bersikap sopan ketika menawar dan jangan menawar dengan paksaan dan dengan nada ketus. ltu malah akan membuat penjual malas melayani kamu.

8. Jangan lupa selalu ucapkan terima kasih ketika akan keluar toko.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites