Jumat, 17 Juni 2011

SEMBELIT


Hai olhyv lovers....….!
Paztinya kamu semua dah kangen banget kan, sama tulisan baru di Blog MinaLove?kapan yah?
And now is the time!
Kali ini, olip love akan membahas mengenai masalah Konstipasi. Emang sih, kedengarannya kurang gimanaa githu. But, It’s all about human nature. Ada pemasukan, pasti ada juga pengeluaran. Begitupun dalam tubuh kita. So, penting banget lho buat ngebaca tulisan ini! kamu kudu baca deh, disini kamu bakal dapat pengetahuan tentang konstipasi, cara menanggulangi serta tips supaya gak mampet lagi.

Koq makin banyak orang yang sembelit ya?
Di zaman sekarang ini, berbagai jenis makanan dan minuman suplemen diiklanin untuk melancarkan BAB, beda ama jaman Ortu kita dulu. Maklum lah, hari gini jumlah penderita konstipasi makin banyak.

Apa sih penyebabnya?
Ternyata, penyebabnya ialah semakin tingginyan polusi di berbagai sektor, mulai dari polusi udara, poluis tanah, polusi makanan, dll. Stress juga berpengaruh lho…
• Makanan jaman sekarang, semuanya serba fastfood dan lebih banyak goreng-gorengan, jadi salah satu faktor penyebab. Secara, dulu, orang dulu banyak mengkonsumsi sayur-mayur segar dari kebun, dan belum ada makanan yang bernama “pizza, fried chicken, burger, steak, atau sejenisnya” Serat yang banyak dikandung dalam sayuran, adalah pencahar alami sehingga BAB jadi lancar. Sementara kalau kamu banyak makan daging, organ pencernaan dalam tubuh kamu harus bekerja dua kali lebih berat untuk mencerna daging yang keras, sehingga proses pembuanganpun jadi lebih lambat akibatnya suhu dalam badan terasa panas dan inilah yang kita sebut sebagai panas dalam
Idealnya berapa kali sih?
• Proses metabolisme tiap orang beda lho, jadi ideal untuk BAB tiap orang juga berbeda. Biasanya, masih dikategorikan ideal sehari sekali atau dua kali sampai dua hari satu kali. Kalau kamu gak BAB lebih dari 2 hari, itu artinya sistem pencernaan kamu sedang mengalami gangguan. Teruz, nggak bisa BAB terlalu lama juga akan membuat penampilan tubuh berubah. Perut bisa jadi membesar (ada kasus dimana perut membesar sampai terlihat seperti wanita hamil), wajah maupun mood pun ikut gak baik, soalnya gak enak kan rasanya menahan desakan gas toksin tubuh yang gak juga bisa dibuang?
• Kalau kamu merasa ingin BAB, sebaiknya jangan ditahan. Emang sih, menahan rasa BAB gak akan menimbulkan penyakit berbahaya, tapi bias menyebabkan masalah kecil seperti kram. Jadi, lebih baik langsung cari toilet jika mulai terasa desakan pengen keluar
Bentuk dan Ukuran
• Saat terbentuk, biasanya berwarna hijau, tapi warna akan berubah tergantung bakteri alami dari apa yang kamu makan dan dan berapa lama si Komo berada dalam usus besarmu. Namanya si Komo aja yah, biar lebih enak dibacanya!
• Kalau bentuk, kadang ada si Komo yang bentuknya besar dan ada juga yang kecil-kecil. Komo yang besar biasanya terbentuk dari sisa makanan yang kaya serat. Semakin lama Komo berada dalam usus besar, semakin mungkin bentuknya akan kecil-kecil. But, jangan khawatir, meskipun besar, kalau kita sering makan makanan berserat, justru BAB akan lancar. Komo yang keras itu, biasanya lagi-lagi karena banyak makan daging2an, atau atau makanan yang bawaannya panas dan berat seperti gulai kambing. Minalovers ingat yah, kalau kamu sudah berusaha tapi si Komo belum bisa keluar, jangan dipaksa yah!nanti anusmu bias terluka. Lebih baik kamu stop dan coba lagi nanti.
Nih, ada dikit tips dari MinaLove buat kamu :
Makan Tepat
Seperti yang telah kita bahas, sembelit disebabkan karenakurang serat dan air dalam makananmu. So, usahakan untuk rajin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan serat yah!terutama sayur dan buah.
Banyak Minum
Minum banyak air putih kudu dibiasakan deh!bukan hanya dalam kondisi sembelit. Air penting banget tuh bagi tubuh kita, biar proses dalam tubuh kita berlangsung dengan baik
Posisi Wenak
Duduk or jongkok gak masalah sih, tergantung kita aja, mana yang nyaman dan kebiasaan masing-masing. Menurut penelitian, ada satu posisi badan yang bagus saat BAB. Posisi ini bisa dilakukan baik secara duduk maupun jongkok.
Caranya, jajarkan kedua sisi kakimu untuk menapak dilantai agar stabil. Lalu condongkan atau bungkukkan badanmu ke depan. Posisi ini akan membantu si Komo lebih lancar keluar dari usus besarmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites