Rabu, 15 Juni 2011

PERBEDAAN TUGAS OTAK KRI DAN KANAN


Perbedaan Tugas dan Strategi
Kita dapat melihat perbedaan otak kiri – otak kanan dengan tiga cara:
1. Secara neuroanatomis (biologis) memang terdapat perbedaan yang bermakna. Misalnya, daerah penglihatan (cortex visual) lebih besar di otak kanan. Daerah – daerah tertentu di otak kiri lebih dalam, lebih luas, dan lebih besar dari pada otak kanan.

2. Ada konsekuensi dari perbedaan neuroanatomis itu menyangkut fungsi – fungsi khusus. Misalnya, berbahasa, tugas matematis, analisis ruang, nuansa emosi, intuisi.

3. Perbedaan anatomis dan fungsi – fungsi khusus itu membawa pada perbedaan strategi dan cara melakukan sesuatu. Misalnya, otak kiri jauh lebih bagus untuk tugas analisis dalam bentuk unit – unit kecil (bagian – bagian, frasa dan kata, angka – angka).

Otak kanan lebih bagus dalam pemikiran global dan menyeluruh. Perbedaan strategi ini yang membuat orang – orang melihat satu persoalan dengan berbagai sudut Pandang yang berbeda. Kalau Anda seorang guru, pengetahuan ini akan memudahkan Anda mendidik murid menjadi lebih cerdas dan kreatif.

Kalau Anda pemimpin, ini akan memudahkan untuk membagi tugas.
Otak kita dapat diibaratkan mobil. Mobil- mobil tertentu cocok untuk medan dan jalan tertentu. Untuk melewati jalanan berbukit – bukit, becek, banyak lubang, dan rawa – rawa lebih cocok memakai mobil jip ketimbang memakai minibus. Jalanan itu adalah tugas dan pekerjaan kita. Mobil – mobil adalah otak kita.

Pustaka
Brain Management for Self Improvement, Oleh Prof. Dr. Santoso, M.Sc, Mizan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites