Kamis, 16 Juni 2011

PENYAKIT PAYUDARA


- Nyeri merupakan gejala payudara yang paling sering dijumpai, tetapi penyebabnya tidak dimengerti dengan jelas. Kurang dari 2% wanita dengan rasa nyeri pada payudaranya merupakan pengidap kanker payudara; sebagian besar juga memiliki massa tumor pada payudaranya.

- Massa tumor yang dapat dipalpasi merupakan gejala kedua yang paling sering dijumpai. Kebanyakan massa tersebut adalah kista sederhana yang seluruh isinya bisa diaspirasi sehingga massa tumor ini menghilang. Massa tumor lebih jarang ditemukan sering pertambahan usia, sementara kecenderungan timbulnya karsinoma meningkat (10 % massa tumor pada wanita yang berusia di bawah 40 tahun bersifat ganas dibandingkan dengan 60% massa tumor pada wanita di atas usia 50 tahun). Lebih dari 90% karsinoma yang dapat dipalpasi bersifat invasif. Karsinoma ini berukuran rata-rata 2,4 cm dan 58%- nya mempunyai metastasis pada limfonodi.

- Pengeluaran sekret dari puling susu (nipple discharge) merupakan keluhan yang lebih jarang ditemukan. Keadaan ini paling sering terjadi karena papiloma intraduktal, tetapi dapat pula berkaitan dengan karsinoma pada sejumlah kecil wanita (misalnya., 7% wanita di bawah usia 60 tahun dan 30% wanita di atas usia 60 tahun). Karsinoma bisa in situ atau invasif.

- Kelainan mammografi yang membutuhkan biopsi terdapat pada sekitar 2% wanita tanpa gejala yang menjalani skrining. Lesi ganas ditemukan pada 25% hingga 30% kasus. Kepadatan jaringan karena keganasan akan men¬jadi karsinoma invasif pada lebih dari 90% kasus (ukuran rata-rata 1,1 cm dengan insidensi metastasis limfonodi 14%) dan hanya jarang menjadi kar-sinoma duktal in situ (DCIS; ductal carcinoma in situ). Karsinoma yang disertai kalsifikasi terjadi karena DCIS pada 71% kasus dan karsinoma invasif yang kecil pada kasus sisanya (ukuran rata-ratanya 0,6 cm dengan insidensi metastasis limfonodi 6%).

Pustaka
BS Dasar Patologis penyakit ed 7 Oleh Mitchell, Kumar, Abbas & Fausto

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites